ee

Memilih Cabang Olahraga Gymnastic Yang Cocok Untuk Anak

Gymnastic memiliki beberapa jenis, dengan mengetahui dan memahamu macam - macam jenis Gymnastic dapat membantu kita sebagai orangtua menentukan minat anak untuk kursus Gymnastic pada jenis yang mana.

Pada dasarnya gymnastic memiliki gerakan dasar yang hampir sama rol depan, rol belakang, handstand, split, dll. namun yang membedakan adalah gerakan tersebut di lakukan dengan cara yang berbeda dan menggunakan media alat tang berbeda juga.

Berikut adalah jenis Cabang olahraga Gymastic :
  1. Artistik
    Senam artistik merupakan salah satu senam yang paling populer di perlombaan olahraga. Entah itu Sea games, Asian games atau Olimpiade. Pada mulanya senam ini dilakukan hanya untuk membuat badan tumbuh dengan baik dan agar tubuh menjadi lebih sehat. Senam artistik adalah senam yang memadukan aspek tumbling dan akrobatik dari gerakan gerakan yang dilakukan dengan bantuan alat.

  2. Ritmik Sportif
    Senam ritmik sportif sebenarnya turunan dari senam irama jadi bisa dikompetisikan dalam pertandingan. Komposisi gerakannya mengikuti irama music sehingga menghasilkan gerak-gerak tubuh dan dibantu alat yang artistic menjadi ciri dari senam ritmik sportif ini.

    Alat yang digunakan dalam senam ritimik sportif adalah Bola (Ball), Pita (Ribbon), Tali(rope), Simpai (Hoop), dan Gada (Clubs). Pada sebuah kejuaraan, nomor yang di perlombakan pada ritmik alat selalu dikurangi satu. Berlaku selama 4 tahun dan selalu bergantian.
  3. Akrobatik
    Senam akrobatik mengandalkan gerakan dinamis antara akrobatik dan tumbling, jadi akan banyak menggunakan gerakan salto dan gerakan memutar, dengan pesenam harus mendarat di beberapa tempat cukup sulit. Dalam Senam akrobatik mengandalkan kesimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. 

  4. Aerobik Sport
    Senam aerobic sport  merupakan pengembangan dari senam aerobic. Agar dapat dipertandingkan latihan senam aerobic digabungkan dengan gerakan akrobatik yang cukup sulit. Disini juga akan menggabungkan unsur-unsur olahraga akrobat dan juga senam ritmik, bersamaan dengan musik, tari dan koreografi. 

  5. Senam Trampolin
    Trampolin merupakan olahraga di mana pesenam melakukan akrobat sambil memantul pada trampolin. Senam yang dapat dilakukan di dalam cabang senam trampoline ini adalah termasuk melompat sederhana di sebuah tombak, lipatan atau posisi mengangkang. sedangkan untuk kombinasi yang lebih kompleks adalah jungkir balik maju atau mundur dan tikungan. Trampolin adalah sejenis alat pantul yang terbuat dari rajutan kain yang dipasang dari kerangka besi, berbentuk segi empat, sehingga memiliki daya pantul yang sangat besar. Pada awalnya trampolin hanya digunakan untuk penguasaan senam akrobatik untuk senam artistik atau untuk peloncat indah. Namun karena gerakan senam trampolin yang ternyata menarik, maka akhirnya dikembangkan menjadi nomor senam yang dapat dipertandingkan.

Demikian berbagai jenis cabang olahraga Gymnastic, semoga penjelasan ini kita lebih memahami cabor Gymnastic dan dapat membantu mengarahkan anak di cabang mana yang diminati. yang pasti semua cabor dari Gymnastic sangat membantu tumbuh kembang anak. 

Salam Sehat Selalu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel